Jumat, 17 Mei 2013

Danaxia Landform

Dunia Geologi itu memang menarik, dan selalu menantang untuk dipelajari, setiap proses geologi yang terjadi dialam khususnya dipermukaan dapat mengubah permukaanya menjadi bentang alam yang sangat indah, salah satunya adalah  bentang alam dengan formasi batuan berwarna warni Danaxia Landform


Danaxia Lanform formasi batuan berwarna-warni di Zhangye Danxia Landform Geological Park di Provinsi Gansu, Cina. Bentuk lahan adalah jenis yang unik geomorfologi petrografi yang hanya ditemukan di Cina yang terdiri dari batupasir berwarna merah dan konglomerat usia sebagian besar Kapur.

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 100 juta tahun yang lalu, dulu ada cekungan daratan besar di sini. Air membawa lumpur dari pegunungan sekitarnya ke cekungan. Sebagai hasil dari suhu tinggi global yang menyebabkan cekungan mengering dan dalam kondisi kering sedimen teroksidasi dan berubah warna karat. Kemudian sekitar 70 juta tahun yang lalu lapisan berwarna merah 3.700 meter tebal terbentuk pada cekungan, yang dikenal sebagai chalk bed. Di atas, ada lapisan 1.300 meter tebal padat, yaitu, lapisan sistem Kapur, dari puncak Gunung Danxia yang secara bertahap terbentuk.
Sejak 30 juta tahun yang lalu, gerakan orogenic telah mengangkat seluruh cekungan berkali-kali. Air yang mengalir turun melalui celah memotong dan mengikis batuan sedimen, kemiringan pecah dan surut, meninggalkan batu fragmentaris merah yang dapat kita lihat sekarang diformasi Danxia Landform. Menurut para ahli, gerakan orogenic masih berlangsung di daerah Gunung Danxia, dengan kenaikan rata-rata 0,87 meter yang setiap 10.000 tahun selama 500.000 tahun terakhir.


Daerah ini cepat menjadi objek wisata yang populer bagi kota  Zhangye. Sejumlah trotoar dan jalan telah dibangun untuk mendorong pengunjung untuk menjelajahi formasi batuan yang menakjubkan. Komite Warisan Dunia memutuskan untuk memasukkan Cina Danxia Landform dalam Daftar Warisan Dunia pada pertemuan ke-34 yang diadakan di Brasilia, ibu kota Brasil, pada tanggal 1 Agustus 2010.





sumber : http://unbelievableinfo.blogspot.com/2013/01/zhangye-danxia-land-formation.html

1 komentar :

Translate